Artikel kali ini akan membahas sedikit tentang SEO, Apa itu SEO? Bagaimana Cara Kerja SEO? dan Apa Keuntungan dari SEO? SEO adalah singkat dari (Search Engine Optimization), yaitu salah satu trik marketing online dimana teknik ini berupaya agar website dapat menduduki peringkat teratas pada mesin pencarian seperti Google. Teknik SEO yang dilakukan melalui proses systematis artinya harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada Search Engine.


Berikut penjelasannya:

1. Riset Kata Kunci (Keyword)


Fungsi dan manfaat dari Riset Keyword adalah untuk mengetahui kata kunci yang digunakan oleh para kompetitor, Biasanya jika seseorang akan membeli produk, mereka akan mencari dan mengetik keyword seperti: Produk + Jasa, misalnya: Toko Pertanian atau Hosting Murah dsb. Aat untuk melakukan Riset Keyword adalah: Google Adword, Keywords Tool dan Google Trends.

2. Optimasi Internal (On Page)


SEO On Page adalah optimasi yang dilakukan pada halaman website, hal ini berpengaruh besar pada hasil pencarian di Search Engine. Faktor ini dikendalikan dengan coding yang terdapat pada halaman website.
 
Contoh optimasi pada On Page:
  • Nama Domain.
  • Judul Website.
  • Keyword (hasil riset).
  • Deskripsi.
  • Metatag.
  • Konten.

3. Optimasi Eksternal (Off Page)


SEO Off Page adalah sebuah optimasi yang berada diluar website, contoh Berpromosi, membangun Link Building dsb, yang tujuannya membangun reputasi dan mencari banyak pengujung. Dengan begitu backlink website akan meningkat, Semakin banyak link back yang masuk semakin baik pula website di mata mesin pencari. Namun, yang perlu diperhatikan adalah Backlink yang memiliki kualitas. Jadi inti dari Off Page sendiri adalah membangun situs dari luar untuk mendapat traffick yang banyak dari pencarian mesin pencari atau dari situs media sosial dan sebagainya.

4. Evaluasi Hasil Optimalisasi


Evaluasi ini diperlukan untuk mengetahui apakah teknik optimasi yang sudah dilakukan sudah sesuai rencana awalnya. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan Google Analytics dan Webmaster Tools.

5. Analisa Kompetitor


Mengetahui kekuatan optimasi kompetitor itu penting, agar optimasi yang dilakukan lebih baik dari yang kompetitor lakukan. Yang perlu dianalisa adalah jumlah konten dan backlink kompetitor tersebut. Untuk menganalisa jumlah konten suatu website bisa menggunakan Google dengan perintah, site:alamatwebsite contoh seperti ini: site:www.distributorseo.co.id maka perintah ini akan menghasilkan jumlah keseluruhan konten pada suatu website. Sedangkan untuk mengetahui jumlah backlink pada website bisa menggunakan Ahrefs atau Semrush.

Demikian artikel tentang Apa itu SEO Semoga bermanfaat :)

 

 

  • 1 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Most Popular Products