Berikut penjelasan langkah dasar Apa itu SEO ?
Fungsi riset keyword adalah untuk mengetahui kata kunci apa saja yang digunakan oleh para kompetitor dalam mencari informasi yang mereka inginkan di Google. Biasanya jika seseorang akan membeli produk maupun jasa, mereka akan mencari/mengetik menggunakan keyword seperti: Produk + Jasa, misalnya: Toko Pertanian atau Jasa Website. Alat untuk melakukan riset kata kunci adalah: Google Adword, Keywords Tool, dan Google Trends.
SEO OnPage adalah faktor yang berpengaruh pada halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor ini dikendalikan dengan coding yang terdapat pada halaman website/blog. Contoh optimasi OnPage diantaranya:
- Nama Domain.
- Judul Website.
- Keyword (hasil riset).
- Deskripsi.
- Metatag.
- Konten.
3. Optimasi Eksternal (OffPage)
SEO OffPage adalah proses mengoptimalkan halaman dari luar situs dengan mendapatkan backlink ke situs Anda. Semakin banyak link back yang masuk semakin baik pula situs Anda di mata mesin pencari. Namun, yang perlu diperhatikan adalah backlink yang memiliki kualitas. Jadi inti dari OffPage adalah membangun situs dari luar untuk mendapat traffick yang banyak dari pencarian mesin pencari atau dari situs media sosial dan sebagainya.
Evaluasi ini diperlukan untuk mengetahui apakah teknik optimasi yang sudah dilakukan sudah sesuai rencana awalnya. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan Google Analytics, Google Webmaster dan freware Free Monitor For Google.
Mengetahui kekuatan optimasi kompetitor itu penting agar optimasi yang dilakukan lebih baik dari yang kompetitor lakukan. Yang perlu dianalisa adalah jumlah konten dan backlink kompetitor tersebut. Untuk menganalisa jumlah konten suatu website bisa menggunakan Google dengan perintah, site:alamatwebsite contoh seperti ini: site:www.distributorseo.co.id maka perintah ini akan menghasilkan jumlah keseluruhan konten pada suatu website. Sedangkan untuk mengetahui jumlah dan informasi backlink website bisa menggunakan Alexa Rank atau lainnya.