Penggunaan Internal Link yang Tepat

Pernahkah anda mendengar tentang internal link? Jika belum, internal link bisa berarti sebuah link penghubung satu halaman ke halaman website yang lain, dalam satu domain maupun beda domain. Internal link ini bekerja seperti referensi yang merujuk isi website anda ke website lain atau konten baru anda ke konten lama anda. Memiliki internal link ini merupakan salah satu faktor yang penting dalam SEO-On Page. Fungsinya tentu untuk memberi nilai lebih pada website dalam SEO. Penggunaan Internal Link yang Tepat akan membantu website anda sering dikunjungi oleh pembaca lainnya.

Pihak Google sendiri menyatakan bahwa internal link ini akan sangat penting jika anda ingin website anda berada di posisi teratas pencarian Google. Robot Google menilai website yang memiliki link sebagai website yang lebih layak untuk ditampilkan di urutan pertama dalam mesin pencari. Internal link bahkan berfungsi lebih baik daripada external link. Namun tentunya dalam membuat internal link, anda tak boleh sembarangan. Seperti misalnya, anda tak bisa membuat internal link dengan lebih dari 100 link yang pada akhirnya mengarah ke beberapa halaman. Masih bingung dengan cara menggunakan internal link yang tepat? Nah, dalam artikel kali ini akan diberikan Penggunaan Internal Link yang Tepat agar website anda dapat dikunjungi banyak pembaca.

  1. Pastikan internal link anda memberi manfaat. Manfaat yang dimaksud disini tentu saja manfaat bagi para pembaca. Jangan hanya asal membuat internal link jika memang tak dibutuhkan. Internal link harus relevan dan berkaitan dengan konten lain dari website anda maupun website lain sehingga tidak membuat pembaca bingung mengapa anda memberi internal link tersebut.
  2. Taruhlah keyword pasti dalam internal link. Keyword akan membantu untuk mencari kaitan dengan konten lain sehingga pembaca bisa paham betul. Pastikan keyword anda singkat, padat, dan jelas.
  3. Tuliskan link dengan benar. Link dengan penulisan yang salah akan berakibat tidak bisa diaksesnya website dan berdampak buruk bagi SEO. Jika ingin blog anda dilirik banyak orang, pastikan anda menulis link dengan urutan yang sesuai dan tanpa kesalahan menulis.
  4. Buatlah internal secukupnya dan tidak lebih dari 100 link di dalam sebuah halaman.

Demikian Penggunaan Internal Link yang Tepat untuk anda.
Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat.
  • 840 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Sitelink merupakan beberapa link yang muncul di bagian bawah sebuah blog ketika kita mencari...

Cara Mendaftarkan Website ke Webmaster Google

Cara Mendaftarkan Website ke Webmaster Google agar website yang dibuat lebih mudah ditemukan dan...

Cara SEO di Tahun 2018

Cara SEO di Tahun 2018 sudah berubah, Teknik apa saja yang harus anda lakukan agar website tetap...

Cara Optimasi SEO OnPage

Tahukah Anda Cara Optimasi SEO OnPage pada blog merupakan salah satu cara yang penting untuk...

Etika Menjalankan SEO dengan Baik dan Benar

Dalam menjalankan segala sesuatunya di dunia ini, tentu ada aturan atau yang bisa disebut dengan...