Apa itu SEO

Banyak yang bertanya Apa itu SEO? Bagaimana kerja SEO? dan Apa keuntungan dari SEO? Berikut akan kita jelaskan lebih dalam tentang Apa itu SEO. SEO adalah singkat dari (Search Engine Optimization), yaitu salah satu trik marketing online dimana teknik agar suatu website dan media online lainnya bisa masuk halaman 1 Google. Teknik SEO dilakukan melalui proses systematis artinya harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada suatu search engine tertentu yang menjadi rujukannya.


Berikut penjelasan langkah dasar Apa itu SEO ?

1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Fungsi riset keyword adalah untuk mengetahui kata kunci apa saja yang digunakan oleh para kompetitor dalam mencari informasi yang mereka inginkan di Google. Biasanya jika seseorang akan membeli produk maupun jasa, mereka akan mencari/mengetik menggunakan keyword seperti: Produk + Jasa, misalnya: Toko Pertanian atau Jasa Website. Alat untuk melakukan riset kata kunci adalah: Google Adword, Keywords Tool, dan Google Trends.

2. Optimasi Internal (OnPage)

SEO OnPage adalah faktor yang berpengaruh pada halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor ini dikendalikan dengan coding yang terdapat pada halaman website/blog. Contoh optimasi OnPage diantaranya:

  • Nama Domain.
  • Judul Website.
  • Keyword (hasil riset).
  • Deskripsi.
  • Metatag.
  • Konten.

3. Optimasi Eksternal (OffPage)

SEO OffPage adalah proses mengoptimalkan halaman dari luar situs dengan mendapatkan backlink ke situs Anda. Semakin banyak link back yang masuk semakin baik pula situs Anda di mata mesin pencari. Namun, yang perlu diperhatikan adalah backlink yang memiliki kualitas. Jadi inti dari OffPage adalah membangun situs dari luar untuk mendapat traffick yang banyak dari pencarian mesin pencari atau dari situs media sosial dan sebagainya.

4. Evaluasi Hasil Optimalisasi

Evaluasi ini diperlukan untuk mengetahui apakah teknik optimasi yang sudah dilakukan sudah sesuai rencana awalnya. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan Google Analytics, Google Webmaster dan freware Free Monitor For Google.

5. Analisa Kompetitor

Mengetahui kekuatan optimasi kompetitor itu penting agar optimasi yang dilakukan lebih baik dari yang kompetitor lakukan. Yang perlu dianalisa adalah jumlah konten dan backlink kompetitor tersebut. Untuk menganalisa jumlah konten suatu website bisa menggunakan Google dengan perintah, site:alamatwebsite contoh seperti ini: site:www.distributorseo.co.id maka perintah ini akan menghasilkan jumlah keseluruhan konten pada suatu website. Sedangkan untuk mengetahui jumlah dan informasi backlink website bisa menggunakan Alexa Rank atau lainnya.

Setelah mengetahui Apa itu SEO tentunya ingin mempelajari teknik SEO lebih jauh bukan? Namun, yang perlu diketahui agar posisi/rangking pencarian lebih baik maka teknik optimasi pun harus lebih baik dari yang kompetitor lakukan. Semoga bermanfaat. :)


Best Regards,
Distributor Seo

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Cara Mengatasi Google Sandbox

Cara Mengatasi Google Sandbox secara cepat, ampuh dan terbukti BERHASIL, dalam dunia SEO tentunya...

3 Jenis Teknik SEO

Ada 3 jenis teknik seo, yaitu: white hat, black hat, dan grey hat. ke 3 teknik ini tentunya untuk...

Belajar SEO untuk Pemula

Berikut adalah artikel tentang "Belajar SEO untuk Pemula" Siapa saja tentunya bisa untuk belajar...

Cara Mendaftar Google Analytics

Seiring dengan kemudahan yang diberikan google dengan Google Analytics, banyak orang yang ingin...

Faktor Penting Dalam SEO On Page

Anda suka menulis artikel di blog? tapi artikel tersebut tidak bisa muncul di mesin pencari?...